Mencapai tubuh ideal dalam ukuran berat dan bentuk tubuh tentunya menjadi idaman banyak orang, khususnya kaum wanita. Banyak wanita yang rela melakukan demi memiliki tubuh yang langsing, mulai dari diet ketat hingga perawatan dan sedot lemak. Namun banyak dari mereka yang melupakan, atau bahkan mungkin tidak menyadari, bahwa berat badan yang berlebih tidak semata-mata disebabkan oleh persoalan makan dan jenis makanannya saja.

Berdasarkan penelitian para ahli penyembuhan holistik, tubuh fisik manusia tidak dapat dipisahkan dengan problem psikis. Pola pikir dan cara pandang seseorang akan sangat mempengaruhi caranya menyikapi kehidupan, termasuk soal makan. Misalnya, sering orang berpikir, “Saya belum merasa makan kalau belum makan nasi.” padahal ia sudah mengkonsumsi bermacam makanan yang jumlah kalorinya sudah setara atau bahkan lebih dari satu piring nasi. Dalam ilmu metafisik, pikiran seperti itu masuk ke dalam sebuah keyakinan yang membatasi (limiting belief). Selain limiting belief, faktor lain yang dapat mempengaruhi kelebihan berat badan adalah stres. Saat seseorang stres, maka sistem metabolisme juga akan terganggu. Akibatnya makanan tidak dapat tercerna dengan baik dan akan menjadi toksin yang akhirnya menjadi tonjolan-tonjolan lemak di tubuh.

Berdasarkan pengalaman menangani banyak klien dengan problem berat badan selama belasan tahun, Amalina TH, E-RYT (founder dan owner Balance Mind Body Soul Yoga & Wellness) menemukan bahwa memang sebagian besar klien memiliki limiting belief, stres, atau problem psikis lainnya yang kemudian mempengaruhi berat badan. “Saya memandu klien untuk mencapai berat badan ideal melalui yoga, treatment, pengaturan pola makan, serta terapi TAT (Tapas Accupressure Technique) untuk menyelesaikan masalah emosi atau keyakinan yang muncul dalam diri klien. Hasilnya sangat efektif dan luar biasa, dan yang paling penting, klien menjalani seluruh prosesnya dengan penuh kesadaran dan perasaan yang damai, “ jelas Amalina.

Saat ini, Anda dapat mengikuti program slimming di Balance Mind Body Soul melalui terapi secara privat atau bergabung dalam kelas Yoga For Women with Amalina TH, E-RYT setiap Jumat pukul 4.30-6 PM. Kelas Yoga For Women tak hanya fokus untuk mendapatkan berat badan ideal, tetapi juga mencapai keseimbangan hormonal, kesehatan reproduksi, dan kesehatan wanita pada umumnya.

Sumber: Literatur TAT, Heal Your Body (Louise Hay)